Kamis, 14 Januari 2010

E-commerce : Pasar Digital,Barang digital

BAB 10

E-commerce: Pasar Digital, Barang Digital

Transaksi komersial digital diantara berbagai organisasi dan perorangan sangat berkenaan dengan e-commerce. Teknologi e-commerce memillliki tujuh kelebihan yaitu:

* Teknologi e-commerce terdapat dimana-mana.

Teknologi e-commerce ini tersedia dimana saja selama sebuah komputer dapat terhubung ke internet.

* Teknologi e-commerce diterapkan secara global

Teknologi e-commmerce memungkinkan transaksi komersial melewati batas negara dan budayadengan jauh lebih nyaman dan dengan biaya yang lebih efektif daripada dalam kerangka perdagangan yang tradisional.

* Teknologi e-commerce dioperasikan dengan standard universal yang digunakan oleh semua negara di dunia, sementara sebagian besar teknologi perdagangan yang tradisional berbeda dari satu negara ke nagara lainnya.
* Teknologi e-commerce menjadikan informasi lebih kaya, memungkinkan penjual online menyampaikan pesannya kepada audiens yang beraneka ragam dan memperkaya isi pesan pemasarannya dengan teks, vidio, dan audio, suatu cara yang tidak mungkin digunakan dalam teknologi perdagangan yang tradisional, seperti radio, televisi, atau majalah.
* Teknologi e-commerce sifatnya interaktif, yang berarti memungkinkan komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli dan memungkinkan penjual menghadapi pembeli seperti layaknya pengalaman tatap muka, tetapi jauh lebih banyak dan dalam skala global.
* Teknologi e-commerce meningkatkan kepadatan informasi.
* Teknologi e-commerce membuat personalisasi dan penyesuaian dapat dilakukan.

Internet telah menghasilkan pasar digital, dimana jutaan orang dapat salingg bertukar informasi dalam jumlah yang besar secara langsung dan cepat. Pasar digital dikatakan lebih transparan dibandingkan pasar tradisional. Pasar digital lebih fleksibel dan efisien, sehingga mengurangi biaya pencarian dan transaksi, biaya menu yang rendah, dan kemampuan untuk mengubah banyak kesempatan untuk menjual secara langsung ke pembeli, tanpa harus melalui perantara seperti distributor atu toko eceran. Barang digital adalah barang seperti musik, vidio, peranti lunak,koran, majalah dan buku, yang dapat disampaikan melalui jaringan digital.

Internet secara radikal mengurangi biaya pembuatan,pengiriman dan penyimpanan informasi sementara membuat informasi tersebut semakin tersedia. Informasi tidak terbatas pada metode pengiriman fisik yang tradisional. Internet dapat membantu perusahaan menciptakan dan mendapatkan keuntungan dengan cara baru melalui menambah nilai pada produk dan layanan yang ada, atau dengan menyediakan fondasi bagi produk dan layanan baru.

E-commerce memiliki tiga jenis utama yaitu:

v B2C ( Bisnis ke konsumen)

v B2B ( Bisnis ke bisnis)

v C2C ( Konsumen ke konsumen)

Cara lain untuk mengklasifikasikan transaksi e-commerce adalah berdasarkan hubungan fisik pesertanya ke internet. Transaksi e-commerce konvensional yang terjadi melalui jaringan kabel, dapat dibedakan dari perdagangan bergerak, atau m-commerce, yang merupakan pembelian produk dan layanan menggunakan perangkat genggam nirkabel.

Internet memberikan serangkaian teknologi yang tersedia secara universal untuk e-commerce yang dapat digunakan untuk menciptakan saluran-saluran baru untuk pemasaran, penjualan, dukungan pelanggan, dan untuk menghilangkan perantara dalam transaksi jual beli.

E-commerce B2B menciptakan efisiensi dengan membuat perusahaan untuk mendapatkan pemasok, meminta penawaran, melakukan pemesanan, dan melacak pengiriman secara elektronik.

M-commerce menggunakan internet dalam pembelian produk dan layanan selain juga menyampaikan pesan menggunakan perangkat mobile nirkabel. M-commerce sesuai dengan aplikasi berbasis lokasi, seperti mencari hotel dan restoran setempat, mengamati lalu lintas dan cuaca lokal, dan menyediakan personalisasi pemasaran berdasarkan lokasi.

Portal nirkabel menyediakan berbagai muatan dan layanan yang mengoptimalkan perangkat mobile untuk mengarahkan pengguna kepada informasi yang kemungkinan besar sangat dibutuhkan oleh pengguna. M-commerce membutuhkan sistem pembayaran digital yang khusus yang dapat menangani pembayaran mikro, karena sebagian besar pembelian m-commerce saat ini nilai nominalnya kecil.

M-commerce mewakili sebagian kecil dari semua pembelian online karena perangkat mobile nirkabel tidak dapat menampilkan gambar barang dagangan dengan baik. M-commerce dapat memanfaatkan sistem pembayaran yang memiliki interoperabilitas untuk perangkat-perangkat nirkabel dan mempercepat jaringan nirkabel untuk mendukung komunikasi data yang lebih lengkap.

Sistem-sistem pembayaran elektronik yang mendasar untuk e-commece adalah sistem pembayaran kartu kredit digital, dompet digital, sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi, sistem pembayaran nilai tersimpan, uang tunai digital,dan sistem pembayaran dan penyampaian tagihan elektronik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar