Kamis, 14 Januari 2010

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Sistem informasi adalah sekumpulan komponen yang saling berhubungan, mengumpulkan/mendapatkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi untuk menunjang pengambilan keputusan dan pengawasan dalam suatu organisasi.
20 Januari 2009
Bab 11 Mengelola Pengetahuan

Bidang manajemen pengetahuan

Sistem manajemen pengetahuan telah menjadi salah satu bidang yang paling cepat berkembang dalam investasi peranti lunak perusahaan dan pemerintahan. Untuk mengubah data menjadi informasi, perusahaan harus memanfaatkan sumber daya yang ada utnuk menyusun data ke dalam kategori-kategori yang mudah digunakan. Untuk mengubah informasi menjadi pengetahuan, perusahaan harus memanfaatkan lebih banyak lagi sumber daya untuk menemukan pola, aturan, dan konteks di mana pengetahuan tersebut berguna. Kebijaksanaan adalah pemikiran perorangan atau kelompok dalam menerapkan pengetahuan untuk memecahkan suatu masalah. Pengetahuan dapat tersimpan dalam e-mail, voice mail, gambar dan dokumen tak berstruktur atau terstruktur.

Melalui sekumpulan data kegiatan terencana dengan pengukuran yang teliti, percobaan, dan masukan dari pelanggan maupun lingkungan sekitar, organisasi mendapatkan pengalaman. Manajemen pengetahuan adalah seperangkat proses bisnis yang dikembangkan dalam organisasi untuk menciptakan, menyimpan, memindahkan dan menerapkan pengetahuan.

Organisasi memperoleh pengetahuan melalui beberapa cara, tergantung pada jenis pengetahuan yang dicarinya. Mencoba membangun pusat data yang berisi dokumen, laporan, presentasi, dan praktik-praktik terbaik. Sistem ini kemudian dikembangkan untuk menyertakan dokumen yang tidak terstruktur, seperti e-mail.

Sistem manajemen pengetahuan perusahaan adalah sistem serba guna yang digunakan oleh perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, mendistribusikan, dan menerapkan pengetahuan dan muatan digital.

Sistem kerja pengetahuan adalah sistem yang dikembangkan khusus untuk para teknisi, ilmuan dan para pekerja di bidang pengetahuan lainnya yang bertugas memperoses dan menciptakan pengetahuan baru bagi perusahaan mereka.

Sistem Manajemen Pengetahuan Keseluruhan Perusahaan

Kadangkala manajer memerlukan informasi berbentuk dokumen yang tidak benar-benar terstruktur, seperti e-mail, voice mail, rekaman percakapan di chat room, video, gambar digital, brosur atau buletin. Sistem jaringan pengetahuan memiliki fungsi sebagai penghubung antara pasokan dan permintaan pengetahuan. Sistem jaringan pengetahuan memberikan direktori online mengenai para pakar bidang-bidang tertentu di perusahaan menggunakan teknologi komunikasi untuk memudahkan karyawan dalam mencari pakar yang tepat.

Sistem pengetahuan terstruktur melakukan fungsi implementasi penandaan dokumen, antarmuka dengan basis data perusahaan di mana dokumen disimpan, dan membuat portal perusahaan yang dapat digunakan oleh karyawan yang memerlukan pengetahuan perusahaan. Informasi yang semiterstruktur adalah seluruh informasi digital dalam suatu perusahaan yang tidak terdapat dalam dokumen atau laporan formal.

Taksonomi adalah skema untuk mengklasifikasikan informasi dan pengetahuan sedemikian rupa hingga informasi dan pengetahuan tersebut mudah diakses. Sebuah perusahaan bisnis dapat mengakses informasi lebih mudah jika perusahaan tersebut merancang taksonominya sendiri untuk mengklasifikasikan informasi menjadi kategori-kategori. Sistem jaringan pengetahuan menyediakan suatu direktori online mengenai keberadaan pakar dalam bidang pengetahuan tertentu dan menggunakan teknologi komunikasi untuk memudahkan karyawan menemukan pakar yang tepat.

Vendor sistem manajemen pengetahuan komersial besar telah mengintegrasikan isi dan kemampuan manajemen dokumennya dengan portal dan teknologi kolaborasi yang canggih. Portal pengetahuan perusahaan dapat memberikan akses pada informasi sumber daya eksternal, seperti umpanan berita dan riset, chat/pesan instan, diskusi kelompok, dan konferensi video.

Sistem Kerja Pengetahuan

Pekerja pengetahuan melakukan tiga peran kunci yang sangat penting bagi organisasi dan untuk manajer yang bekerja dalam organisasi. :

Ø Menjaga aliran pengetahuan dalam perusahaan seiring dengan perkembangan perusahaan dalam teknologi, sains, pemikiran sosial dan seni.

Ø Bertugas melayani sebagai konsultan internal mengenai pengetahuan khusus mereka, berbagai perubahan yang terjadi dan kesempatan yang muncul.

Ø Bertindak sebagai agen perubahan, mengevaluasi, merintis dan mendukung proyek, proyek perubahan.

Kebanyakan pekerja pengetahuan mengandalkan sistem perkantoran, seperti pengolah kata, voice mail, e-mail, konferensi video, dan sistem penjadwalan yang dirancang untuk meningkatkan produktivitas di kantor.

Teknik Cerdas

Kecerdasan buatan dan teknologi basis data memberikan sejumlah teknik cerdas yang dapat digunakan oleh berbagai organisasi untuk ”menangkap” pengetahuan perorangan dan pengetahuan kolektif, serta mengembangkan pengetahuan tersebut. Sistem-sistem ahli, penalaran berbasis kasus, dan logika fuzzy digunakan untuk menangkap pengetahuan yang tersembunyi.

Logika fuzzy adalah teknologi berbasis aturan yang dapat merepresentasikan ketidakpresisian seperti yang telah disebutkan, dengan menciptkan aturan yang menggunakan nilai subjektif atau nilai yang mendekati. Organisasi dapat menggunakan fuzzy untuk menciptakan sistem peranti lunak yang menangkap pengetahuan tersirat yang mengandung ambiguitas linguistik. Jaringan saraf tiruan digunakan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang kompleks dan sulit dipahami, di mana sejumlah besar data mengenai masalah tersebut telah dikumpulkan. Jaringan saraf tiruan mencari pola dan hubungan dalam data yang sangat besar yang terlalu rumit dan sulit untuk dianalisis manusia.

Algoritme genetik berguna untuk mendapatkan solusi optimal untuk masalah spesifik dengan memeriksa sejumlah besar kemungkinan solusi untuk masalah tersebut. Teknik pemecahan masalah dengan algoritme ini secara konsep berbasis pada metode bagaimana organisme hidup beradaptasi dengan lingkungannya.

Teknologi agen inteligen dapat membantu para pebisnis menjelajahi data yang besar untuk menemukan dan mengambil tindakan informasi yang dianggap penting. Agen inteligen adalah program peranti lunak yang bekerja di latar belakang tanpa intervensi manusia secara langsung untuk menjalankan tugas-tugas yang spesifik, berulang dan dapat diprediksi.
E-commerce : Pasar Digital,Barang digital

BAB 10

E-commerce: Pasar Digital, Barang Digital

Transaksi komersial digital diantara berbagai organisasi dan perorangan sangat berkenaan dengan e-commerce. Teknologi e-commerce memillliki tujuh kelebihan yaitu:

* Teknologi e-commerce terdapat dimana-mana.

Teknologi e-commerce ini tersedia dimana saja selama sebuah komputer dapat terhubung ke internet.

* Teknologi e-commerce diterapkan secara global

Teknologi e-commmerce memungkinkan transaksi komersial melewati batas negara dan budayadengan jauh lebih nyaman dan dengan biaya yang lebih efektif daripada dalam kerangka perdagangan yang tradisional.

* Teknologi e-commerce dioperasikan dengan standard universal yang digunakan oleh semua negara di dunia, sementara sebagian besar teknologi perdagangan yang tradisional berbeda dari satu negara ke nagara lainnya.
* Teknologi e-commerce menjadikan informasi lebih kaya, memungkinkan penjual online menyampaikan pesannya kepada audiens yang beraneka ragam dan memperkaya isi pesan pemasarannya dengan teks, vidio, dan audio, suatu cara yang tidak mungkin digunakan dalam teknologi perdagangan yang tradisional, seperti radio, televisi, atau majalah.
* Teknologi e-commerce sifatnya interaktif, yang berarti memungkinkan komunikasi dua arah antara penjual dan pembeli dan memungkinkan penjual menghadapi pembeli seperti layaknya pengalaman tatap muka, tetapi jauh lebih banyak dan dalam skala global.
* Teknologi e-commerce meningkatkan kepadatan informasi.
* Teknologi e-commerce membuat personalisasi dan penyesuaian dapat dilakukan.

Internet telah menghasilkan pasar digital, dimana jutaan orang dapat salingg bertukar informasi dalam jumlah yang besar secara langsung dan cepat. Pasar digital dikatakan lebih transparan dibandingkan pasar tradisional. Pasar digital lebih fleksibel dan efisien, sehingga mengurangi biaya pencarian dan transaksi, biaya menu yang rendah, dan kemampuan untuk mengubah banyak kesempatan untuk menjual secara langsung ke pembeli, tanpa harus melalui perantara seperti distributor atu toko eceran. Barang digital adalah barang seperti musik, vidio, peranti lunak,koran, majalah dan buku, yang dapat disampaikan melalui jaringan digital.

Internet secara radikal mengurangi biaya pembuatan,pengiriman dan penyimpanan informasi sementara membuat informasi tersebut semakin tersedia. Informasi tidak terbatas pada metode pengiriman fisik yang tradisional. Internet dapat membantu perusahaan menciptakan dan mendapatkan keuntungan dengan cara baru melalui menambah nilai pada produk dan layanan yang ada, atau dengan menyediakan fondasi bagi produk dan layanan baru.

E-commerce memiliki tiga jenis utama yaitu:

v B2C ( Bisnis ke konsumen)

v B2B ( Bisnis ke bisnis)

v C2C ( Konsumen ke konsumen)

Cara lain untuk mengklasifikasikan transaksi e-commerce adalah berdasarkan hubungan fisik pesertanya ke internet. Transaksi e-commerce konvensional yang terjadi melalui jaringan kabel, dapat dibedakan dari perdagangan bergerak, atau m-commerce, yang merupakan pembelian produk dan layanan menggunakan perangkat genggam nirkabel.

Internet memberikan serangkaian teknologi yang tersedia secara universal untuk e-commerce yang dapat digunakan untuk menciptakan saluran-saluran baru untuk pemasaran, penjualan, dukungan pelanggan, dan untuk menghilangkan perantara dalam transaksi jual beli.

E-commerce B2B menciptakan efisiensi dengan membuat perusahaan untuk mendapatkan pemasok, meminta penawaran, melakukan pemesanan, dan melacak pengiriman secara elektronik.

M-commerce menggunakan internet dalam pembelian produk dan layanan selain juga menyampaikan pesan menggunakan perangkat mobile nirkabel. M-commerce sesuai dengan aplikasi berbasis lokasi, seperti mencari hotel dan restoran setempat, mengamati lalu lintas dan cuaca lokal, dan menyediakan personalisasi pemasaran berdasarkan lokasi.

Portal nirkabel menyediakan berbagai muatan dan layanan yang mengoptimalkan perangkat mobile untuk mengarahkan pengguna kepada informasi yang kemungkinan besar sangat dibutuhkan oleh pengguna. M-commerce membutuhkan sistem pembayaran digital yang khusus yang dapat menangani pembayaran mikro, karena sebagian besar pembelian m-commerce saat ini nilai nominalnya kecil.

M-commerce mewakili sebagian kecil dari semua pembelian online karena perangkat mobile nirkabel tidak dapat menampilkan gambar barang dagangan dengan baik. M-commerce dapat memanfaatkan sistem pembayaran yang memiliki interoperabilitas untuk perangkat-perangkat nirkabel dan mempercepat jaringan nirkabel untuk mendukung komunikasi data yang lebih lengkap.

Sistem-sistem pembayaran elektronik yang mendasar untuk e-commece adalah sistem pembayaran kartu kredit digital, dompet digital, sistem pembayaran digital dengan saldo terakumulasi, sistem pembayaran nilai tersimpan, uang tunai digital,dan sistem pembayaran dan penyampaian tagihan elektronik.
REVIEW BAB 10
MEMBUAT DAN MENGELOLA PENGETAHUAN
Pengambilan keputusan dan system informasi
Salah satu system kontribusi utama adalah untuk meningkatkan pengambilan keputusan, baik baik bagi individu dan kelompok. Pengambilan keputusan dalam bisnis digunakan untuk terbatas kepada manajemen.tingkat renah karyawan bertanggung jawab untuk beberapa keputusan.sebagai system informasi membuat informasi tersedia untuk menurunkan tingkat bisnis. Tetapi apa yang kita maksud dengan pengambilan keputusan yang lebih baik.
Tipe-tipe keputusan


Tipe keputusan
masing-masing tingkatan ini memiliki informasi yang berbeda persyaratan untuk dukungan keputusan dan tanggung jawab untuk berbagai jenis decisions.decision diklasifikasikan sebagai terstruktur, semistructured dan tidak terstruktur
keputusan tidak terstruktur adalah mereka di mana pasar keputusan harus memberikan penilaian, evaluasi, dan wawasan untuk memecahkan masalah. masing-masing dari keputusan ini adalah novel, penting, snd aonroutine, dan tidak ada dipahami dengan baik atau menyetujui prosedur untuk membuat mereka

keputusan terstruktur, sebaliknya, adalah berulang-ulang dan rutin, dan mereka melibatkan prosedur yang jelas untuk menangani mereka, sehingga mereka tidak perlu diperlakukan setiap kali seolah-olah mereka masih baru. banyak keputusan, memiliki unsur-unsur dari kedua jenis keputusan dan semistructured
di mana hanya sebagian dari masalah memiliki jawaban yang jelas dipotong disediakan oleh prosedur yang diterima. secara umum, terstruktur lebih prevelent keputusan pada tingkat organisasi yang lebih rendah, di mana sebagai masalah unsructured lebih umum di tingkat yang lebih tinggi dari perusahaan

Selasa, 05 Januari 2010

Rieview bab 6 DASAR-DASAR INTELEGENSI BISNIS, BASIS DATA DAN MANAJEMEN INFORMASI

REVIEW BAB 6
DASAR-DASAR INTELEGENSI BISNIS
BASIS DATA DAN MANAJEMEN INFORMASI

1.MENGORGANISASIKAN DATA DALAM LINGKUNGAN FILE INTERNASIONAL

1.1 KONSEP PENGORGANISASIAN FILE
Sistem computer mengorganisaikan data ke dalam sebuah hierarki yang dimulai dengan bit dan byte,menuju field, record, dan basis data.sekumpulan bit disebut byte, mewikili sebuah karakter tunggal yang dapat di simpan dalam computer.sekumpulan field yang yang saling berhubungan seperti nama siswa, mata kuliah yang diambil, tanggal, dan nilainya.berkumpul menjadi sebuah record; sekelompok record yang sejenisnya sama dinamakan file.Sebuah record menggambarkan sebuah entitas. Entitas adalah orang, tempat, hal atau kejadian yang informasinya di simpan dan dipelihara, setiap karateristik atau kuantitas yang menggambarkan entitas khusus disebut atribut. Contohnya ID siswa,mata kuliah, data dan nilai.
Teknik manajemen file yang yang tradisional mem buat organisasi sulit untuk melacak setiap bagian data yang digunakan secara sistematis dan mengatur data ini sehingga dapat diakses dengan mudah.berebagai area dan kelompok fungsional yang berbeda diizinkan untuk mengembangkan file sendiri. Seiring dengan waktu, lingkungan file tradisisonal ini menimbulkan masalah. Seperti redunsasi data dan inkonsistensi data, dan keterganntungan data program, tidak fleksibel, buruknya keamanan serta kurangnya pembagian dan ketersediaan data.

 Redunsasi data
adalah adanya duplikasi data dalam beberapa file data sehingga data yang sama disimpan di dalam lebih dari satu lokasi.redunsasi data terjadi ketika kelompok yang berbeda dalam organisasi mendapatkan data yang sama secara independent dan menyimpan nya secara independent juga.

 Ketergantungan program data ,
mengacu pada pasangan data yang tersimpan dalam file dan program tertentu yang dibutuhkan untuk memperbaharui dan memelihara file tersebut sehingga perubahan dalam program nya membutuhkan perubahan dalam data nya.

 Kurangnya fleksibilitas,
sistem file tradisional dapat mengirim laporan terjadwal rutin setelah dilakukan pemograman yang ekstensif, tetapi tidak dapat mengirim laporan atau merespon kebutuhan informasi yang tidak diantisipasi secara tepat waktu.

 Keamanan yang buruk
Karena kendali terhadap data dan pengelolaan nya kurang, akses kepada dan penyebrangan dari informasi mungkin tidak dapat dilakukan. Manajemen mungkin dapat mengetahui siapa yang sedang mengakses atau bahkan membuat perubahan pada data organisasi.

 Kekurangan dalam pembagian dan ketersediaan data
Karena potongan-potongan informasi didlam bagian yang berbeda dari organisasi tidak dapat dihubungkan satu dengan yang lain nya, maka mustahil inforasi tersebut dapat dibagikan atau diakses secara tepat waktu.

SISTEM MANAJEMEN BASIS DATA
1.2 prinsip-prinsip sistem manajemen basis data dan fitur basis data relasional
Sistem manajemen basis data (database manajement system-DBMS) terdiri atas piranti lunak yang memungkinkan dilakukannya data dan manjemen data sehingga kegiatan bisnis memepunyai sumber yang konsisten untuk semua data yang penting bagi DMBS adalah kemampuanya memisahkan tampilan data secara logis dan fisik.pengguna bekerja dengan tampilan logis . DMBS mencari informasi sehingga pengguna tidak perlu memikirkan lokasi fisiknya.
Prinsip kapabilitas dari MBMS mencakup kemampuan definisi data,kamus data, dan bahasa manipulasi data.kapabilitas didefinisi data menyatukan stuktur dan isi dari basis data.kamus data adalah file otomatis atau manual yang menyimpan informasi tentang data didalam basis data.termasuk nama,definisi, format, dan penjelasan dari elemen data.bahasa manipulasi data, seperti SQL adalah bahasa khusus untuk mengakses dan memanipulasi data di dalam basis data.DBMS memperkecil redunsasi dan inkonsistensi data dengan meminimalisir file-file terpisah yang berisi data yang sama.DBMS mungkintidak daptt membuat perusahaan dapat menghilangkan redunsasi data seluruh nya, tetapi dapat membantu mengendalikan redunsasi tersebut.
Basis data relasional adalah metode utama mengorganisaikan data dan memelihara data dalam sistem informasi saat ini. Basis data relasional menyususn data ke dalam table dua dimensi denagn baris dan kolom yang disebut relasi.

1.3 prinsip-prinsip yang penting dalam perencanaan basis data
Mendesain basis data membuuthkan rancangan logis dan rancangan fisik.rancangan logis memodelkan basis data dari sebuah perspektif bisnis. Model data organisasi seharusnya menggambarkan proses-proses bisnis dan kebutuhan pengambilan keputusan yang penting. Proses pembuatan stuktur data yang kecil, stabil, fleksibel dan adaktif dari seseklompok data yang rumit ketika merancang basis data relasional di sebut normalisasi. Basis data relasional yang dirancang denagn baik tidak akan mempunyai hubungan banyak, dan semua atribut untuk entitas tidak aakn memepunyai hubungan banyak ke banyak, dan semua atribut untuk entitas tertentu hanya akan digunakan pada etentitas tertenttu. Diagram relasasi entitas menggambarkan secara grafis hubungan antarentitas (table) dalam basis data atau sebagian dari basis data dapat didistribusikan kepada kepada lebih dari satu lokasi untuk meningkatkan respons dan memperkeci l kerentanan dan mengurangi biaya.terdapat dua jenis utama dari basis data data distribusi : basis data yang direplikasi dan basis data terpartisisi.

1.4 Berbagai perangkat dan teknologi penyediaan informasi dari basis data untuk meningkatkan kinerja dan proses pengambilan keputusan
Berbagai alat yang tangguh tersedia untuk menganalisis dan mengakses berbagai informasi di dalam basis data. Gudang data menggabungkan data saat ini dan data terdahulu dari berbagai sistem operasioanal yang berbeda dalm sebuah basis data pusat yang dirancang untuk pelaporan dan analisis. Gudang data mendukung analisis data multidimensi, juga dikenal sabagai pemprosesan analitis online(Online Analytical Processing-OLAP).OLAP Mereprentasikan hubungan di antara data seperti stuktur multidimensional yangdilihatv sebagai kubus data dan kubus di dalam kubus data, sehingga analisis data yang lebih rumit dapat dilakukan. Penggalian data menganilisis kelompok data yang besar, termasuk isi dari gudang data, untuk mencari pola dan aturan yang dapt digunakan untuk memprediksi perilaku masa depan dan memandu proses pengambilan keputusan. Basis data pada umumnya dapat dihubungkan lewat middleware ke web atau antar muka web untuk memfasilitasi akses pengguna ke data internal perusahaan.
Gudang data adalah basis data yang menyimpan data yang sekarang dan terdahulu yang mungkin diminati oleh para pembuta keputusan di seluruh perusahaan.datanya muncul dari banyak sitem transaksi operasional inti, seperti sistem penjualan , akun, pelanggan dan manufaktur dan mungkin meliputi data dari transaksi WEB.gudang data menggabungkan dan menstandarkan informasi dari basis data operasional yang berbeda sehingga informasi dapat di gunakan di seluruh perusahaan untuk analisis dan pembuatan keputusan manajemen.

MENGELOLA SUMBER DATA

1.5 Peran kebijakan informasi, administrasi data, dan penjaminan kualitas data dalam manajemen sumber daya data organisasi
Mengembangkan lingkungan basis data membutuhkan kebijakan dan prosedur untuk mengelola data organisasi dan juga model data dan teknologi basis data yang baik.
Kebijakan informasi yang formal mengelola pemeliharaan, distribusi, dan penggunanan informasi di dalam organisasi.dalam perusahaan besar, administrasi data formal bertanggung jawab atas kebijakan informasi dan juga untuk perencanaan data pengembangan kamus data dan pemantauan penggunaan data dalam perusahaan.
Data yang tidak akurat, tidak lengkap, atau tidak konsisten dapat menimbulkan masalah operasioanal dan keuangan yang serius untuk bisnis karena dapat menciptakan ketid ktepatan dalam harga produk, rekening pelanggan dan data persediaan yang dapat berlanjut pada diambilnya keputusan yang salah untuk bertindak, perusahaan harus mengsambil langkah khusus untuk menjamin tingginya kualitas data yang dimilikinya. Hal ini meliputi penggunaan standart data secara keseluruhan perusahaan basis data yang dirancang untuk meminimalkan inkonsestensi dan redundansi data, audit kualitas data, dan peranti data dan peranti lunak pembersihan data.
Kebijakan data (information policy)
Menentukan aturan-aturan organisasi dalam hal pembagian, penyebaran,perolehan,standarisasi, klasifikasi dan penyimpanan dari informasi. Kebijakan informasi menjelaskan prosedur dan akuntabilitas yang spesifik, mengidentifikasikan informasi dapat saling dibagikan oleh pengguna dan unit organisasi, dimana informasi dapat didistribusikan.

mencapai keunggulan kompetitif dengan sistem informasi

Mencapai keunggulan kompetitif dengan sistem informasi

Apple dan ilustasi iTunes menceritakan beberapa cara system informasi yang membantu bisnis bersaingnya dan juga merupakan tantangan untuk mempertahankan keunggulan kompetitif. Apple dicatat sebagai produk inofatif.
Menggunakan sistem informasi untuk mencapai keunggulan kompetitif

Dihampir setiap industry anda memeriksa, anda akan menemukan bahwa beberapa perusahaan melakukan lebih baik daripada kebanyakan perusahaan lain. Selalau berdiri diluar perusahaan. Dalam industri otomatif, Toyota adalah dianggap sebagai superior performer. Yang murni grosir online, amazon adalah Negara terpimpin, wal mart, adalah pemimpin pengecer terbesar didunia. Di music online, iTunes dianggap sebagai pemimpin dengan lebih dari 75 persen dari pasar music download, dan dalam industry terkait pemutar music digital, iPod adalah pemimpin.
Perusahaan-perusahaan yang “lebih baik” dari pada orang lain dikatakan memiliki keunggulan kompetitif atas orang lain.
Mereka juga memiliki akses ke sumber daya khusus daripada yang lain nya tidak, atau mereka dapat menggunakan sumber daya yang tersedia biasanya lebih efisien dan biasanya juga karena keunggulan dan informasi dari pengetahuan asset. Dalam setiap peristiwa, mereka berbuat lebih baik dalm hal pertumbuhan pendapatan, profitabilitas, atau pertumbuhan produktifitas (efisiensi), yang semuanya pada akhirnya dalam jangka panjang diterjemahkan ke dalam valuasi pasar saham yang lebih tinggi daripada pesaing mereka.
Tapi mengapa beberapa perusahaan berbuat lebih baik dariapda bagaimana mereka mencapai keunggulan kompetitif? Bagaimana anda dapat menganalisis bisnis dan mengidentifikasi keunggulan strategis? Dan bagaimana sistem informasi memeberikan kontribusi keunggulan strategis? Satu jawaban untuk pertanyaan ini adalah Michael porter’s model kekuatan kompetitif.

MODEL KEKUATAN KOMPETITIF PORTER

Dikatakan, yang paling banyak digunakan model untuk memahami keunggulan kompetitif adalah Michael porter model kekuatan kompetitif(lihat gambar 3.1) model ini memeberiakn pandangan umum dari perusahaan. Model Michael porter dalah menjelaskan tentang perushaan lingkungan bisnis umum. Dalam model ini, lima kekuatan kompetitif membentuk nasib perusahaan.
• Pesaing tradisional
semua perusahaan berbagi ruanag pasar dengan dengan pesaing lain yang terus menerus merancang ruang pasar yang baru, cara yang lebih efisien untung menghasilakan denagn memperkenalkan produk baru dan jasa, dan attemping untuk menarik pelanggan dengan mengembangkan merek mereka dan membebankan biaya switching dan pelanggan mereka.
• Pendatang pasar baru
Dalam suatu perekonomian bebas, denagn mobile tenaga kerja dan sumber daya keuangan, perusahaan baru, selalu memasuki pasar. Dibeberapa industry, barriers sangat rendah untuk masuk, sedangkan di industry lain, masuk sangat sulit. Misalnya, cukup mudah untuk memulai bisnis pizza atau apa saja bisnis retail kecil, tapi ajuh lebih mahal dan sulit untuk memasuki bisnis chip computer yang sangat tinggi dan membutuhkan biaya modal dan keahlian dan pengetahuan signifikan yang sulit diperoleh. Perusahaan baru mungkin mempunyai keuntungan : mereka tidak terkunci ke dalam pabrik dan pean mungkin ralatan tua, mereka sering memeperkerjakan pekerja muda yang lebih murah lebih inofatif, mereka tidak dinbebani oleh tua usang nama merek, and mereka “lebih lapar”(lebih sangat termotifasi) daripada penghuni tradisioanlal suatu industry.kelebihan-kelebihan juga kelemahan mereka; mereka bergantung pada pembiayaan luar untuk tanaman dan peralatan yang baru, yang dapat mahal: mereka memiliki tenaga kerja mengalami ales: dan mereka memiliki sedikit pengenalan merek.
• Substitusi produk dan jasa
Hampir setiap industry, ada substitutes bahwa pelanggan anda akan menjajikan harag anda menjadi terlalu tinggi. Teknologi baru membuat substitusi baru sepanjang waktu. Bahkan substitusi minyak: etanol dapat mensubstitusi untuk bensin di mobil, minyak syur untuk bahan bakar solar di truk: dan angin , matahari, batubara, dan hidrountuk pembangkit listrik industry.juga, jalur pelayanan telepon kerumah bias substitute untuk layana telepon biasa, dan serat optic saluran telepon ke rumah bias substitute untk jalur TV kabel.
• Pelanggan
Keuntungan sebuah perusahaan besar yang menguntungkan dalam skala besar pada kemampuannya untuk menarik dan memepertahan kan pelanggan ( sambil menolak mereka untuk pesaing) dan charge harga tinggi. Kekuatan pelanggan tumbuh jika mereka dapat dengan mudah beralih keproduk pesaingf dan jasa. Atau jika mereka bias memaksa sebuah bisnis dan pesaingnya untuk bersaing pada harga sendirian di pasar yang transparan di mana ada sedikit diferensiasi prodek, dan semua harga instantly di kenal(sepertti di internet)

• Pemasok

Kekuatan pasar adalah pemasok yang dapat memiliki dampak signifikan pada keuntungan perusahaan, khususnya ketika perusahaan tidak bias menaikkan harga secepat pemasok dapatkan.semakin banyak pemasok perusahaan yang berbeda telah mengontrol yang lebih besar dan mendaptkan latihan lebih dari pemasok dalam hal harga, kualitas, dsan jadwal pengiriman.

STRATEGI SISTEM INFORMASI UNTUK MENGHADAPI KEKUATAN-KEKUATAN KOMPETITIF
STRATEGI DASAR :MENYELARASKAN TI DENGAN TUJUAN BISNIS
Prinsip dasar strategi TI untuk sebuah bisnis adalah untuk memastikan cara melayani teknologi bisnis, dan bukan sebaliknya. Penelitian dan kinerja bisnis ini telah menemukan bahwa(a)yang lenih berhasil perusahaan IT nya sejalan dengan tujuan bisnis, semakin menguntungkan akan dan (b) hanya sekitar seperempat dari perushaan-perusahaan TI mencapai kesesejajaran dengan bisnis.
• Kepemimpinan biaya rendah
Menggunakan sistem informasi untuk mencapai biaya operasional terendah dan harga tererndah. Contoh klasik dalah Wall-mart. Dengan menjaga harga rendah dan juga rak-rak yang ditebar dengan menggunakan sitem pengisian ulang persediaan legendaris.wal-mart menjadi perusahaan pengencer terkemuka di amerika serikat. Wal mart merupakan sistem pengisian ulang terus menerus mengirimkan pesanan untuk barang-barang baru lansung ke suppliers segera setelah konsumen membayar pembelian mereka pada cash register. Wal-mart sistem pengisian ulang terus menerus juga merupakan contoh sistem yang efisien, tanggapan pelanggan merupakan perilaku konsumen yang efisien.

• Diferensiasi produk
Menggunakan sistem informasi untuk produk dan layanan baru, atau mengubah kanyamanan pelanggan dalam menggunakan produk dan layanan yang ada. Untuk instances google constinously baru dan unik memperkenalkan layanan pencarian di situs Web-nya, seperti Google Maps. Produser dan pengecer mulai menggunakan sistem informasi untuk menciptakan produk dan jasa yang disesuaikan dan personal agar sesuai dengan spesifikasi yang tepat dari masing-masing pelanggan . Dell Inc menjual lansung kepada pelanggan menggunakan berkumpul to order manufaktur.

• Focus dan ceruk pasar
Menggunakan sistem informasi untuk menghasikan terfokus pada pasar tertentu, dan melayani sasaran pada pasar ini lebih baik daripada pesaing. Sitem informasi mandukung strategi dengan memproduksi dan menganalisis data untuk mengatur teknik penjualan dan pemasaran. Data berasal dari berbagai sumber transaksi kartu kredit, data demografis, pembelian data dari scanner kasir di supermarket dan took-toko pengecer, dan dat yang dikumpulkan ketika orang-orang mengakses dan berinteraksi dengan situs web.

Memperkuat hubungan anatar pelanggan dan pemasok
Menggunakan sistem informasi untuk mempererat hubungan dengan pemasok dan mengembangkan keintiman dengan pelanggan. Chrysler perusahaan menggunakna sistem informasi untuk memfasilitasi akses lansung dari pemasok ke produksi schedules, dan bahkan memungkinkan pemasok untuk memutuskan bagaimana dan kapal pemasok untuk pabrik pabrik Chrysler.

Dampak internet dalam keunggulan kompetitif
Internet telah hampir menghancurkan beberapa industry dan telah sangat mengancam lebih.internet juga telah menciptakan pasar yang sama sekali baru dan membentuk dasar bagi ribuan bisnis baru. Gelombang pertama e-commerse business mengubah dunia suku,music, dan perjalanan udara.

Rantai nilai bisnis model
Menyarankan model porter sangat membantu untuk mengidentifikasi kekuatan kompetitif dan menyarankan strategi generic, tidak sangat spesifik tentang apa sebenarnya yang harus dilakukan, dan tidak menyediakan untuk ,mengikuti methodelogi untuk mencapai keuntungan kompetitif. Jika tujuan anda adalah mencapai keunggulan operasional, di mana anda mulai? Di sinilah rantai nilai bisnis model ini membantu.
Model rantai nilai menyoroti kegiatan khusus dalam bisnis di mana strategi kompetitif paling baik dapat apllied(porter,1985) dan sistem informasi dimana yang paling mungkin memilkindampak strategis.
 Sinergi
 Meningkatkan kompetensi inti
 Strategi berbasis jaringan

Teknologi mengganggu: naik gelombang
Kadang teknologi baru datang seperi tsunami dan menghancurkan segala sesuatu yang ada dijalan. Beberapa perusahaan mampu menciptakan tsunami ini dan gelombang naik terhadap laba: orang lain belajar dengan cepat dan dapat berenang dengan cuurent: masih lain terhapus karena produk, layanan, dan model bisnis yang usang.

3.2 Bersaing pada skala global
• Internet globalisasi
Sampai pertengahan 1990-an, bersaing pada skala global didominasi oleh perusahaan multinasional besar, seperti General Electric, General motors, Toyota dan IBM.perusahaan besar ini mampu investasi besar di pabrik-pabrik, wherehouses dan pusat distribusi di negra-negara asing dan kepemilikan jaringan dan sistem yang dapat beroperasi pada skala global.

• Bisnis global dan strategi sistem
Ada empat cara utama dalam mengorganisir bisnis secara internasional: eksportir domestic, mutinasional, waralaba, dan tradisisonal, masing-masing dengan pola yang berbeda atau struktur organisasui pemerintah.
Strategi eksportir domestic dicirikan oleh sentralisasi berat perusahaan di negar asal.

• Konfigurasi sistem global
Sistem terpusat adalah di mana pembangunan dan pengoperasian sistem benar-benar terjadi di pangkalan domestic.
Sistem duplikasi yang dalam perkembangan yang terjadi di rumah operasi dasar tetapi diserahkan kepada unit otonom di lukasi asing. Sitem desentraliusasi adalah mereka di manan masing-masing unit asing desain yang unik dan sistem solusi.sistem jaringan yang ada sistem yang terjadi pengembangan dan operasi secara terpadu dan terkoordinasi fashion di semua unit.

3.3 Bersaing pada kualitas dan desain
Kualitas dapat didefinisikan dari keduan produsen dan perspektif pelanggan. Dari perspektif produsen, menandakan kualitas kesesuaina dengan spesifikasi atauy tidak adanya variasi dari psesifikasi tersebut.

Bagaimana meningkatkan kualitas sistem informasi
 Mengurangi siklus waktu dan menyederhanakan proses produksi
 Benchmark
 Menggunakan permintaan pelanggan untuk meningkatkan produk dan layanan
 Meningkatkan kualitas desain dan presisi
 Meningkatkan presisi produksi dan produksi memperketat toleransi

3.4 Bersaing pada proses bisnis
 Rekayasa ulang proses bisnis
 Langkah-langkah dalam rekayasa ulang proses bisnis yang efektif